Marah Membuat Lupa

Bagai menutup akal pikiran..

Marah akan berujung penyesalan..

Apalagi marah di pagi hari..

Hingga dzikir pun luput dibaca kembali..

Dari Aban bin Utsman berkata,

"Aku telah mendengar Utsman (ibnu Affan) radhiyyallahu 'anhu berkata,

Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang ketika memasuki waktu petang mengucapkan,

"بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي اْلأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ، وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Dengan nama Allah Dzat yang dengan menyebut namaNya, sesuatu apapun yang ada di bumi dan di langit tidak akan mampu membahayakan.

Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.. (dibaca 3 kali)

Niscaya dia tidak tertimpa musibah secara tiba-tiba hingga waktu pagi.

Dan barangsiapa yang mengucapkannya ketika memasuki waktu pagi tiga kali..

Niscaya dia tidak tertimpa musibah secara tiba-tiba sampai dia memasuki waktu petang..”

(periwat hadits) berkata: Aban bin Utsman tertimpa penyakit (sejenis stroke).

Maka lelaki yang mendengar hadits ini melihat kepadanya dengan seksama.

Dia (Aban) pun bertanya kepadanya: Mengapa engkau memandangku demikian..?

Demi Allah.. Aku tidak berdusta atas Utsman, dan Utsman pun tidak berdusta atas Nabi.

Akan tetapi yang menimpaku pada hari ini adalah aku marah.

Lalu aku terlupa untuk mengucapkan doa itu.

(Shahih, HR Abu Daud: 5088, at-Tirmidzi: 3388, Ibnu Majah: 3869, Shahih at-Targhib: 655)

Masih marah? Redakan segera..

Tidak marah? Baca dzikir itu segera..

@sahabatilmu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Marah Membuat Lupa"

Post a Comment