Aku Sedang Berpuasa

Terkadang saat kita sedang berpuasa, masih saja didapati orang lain mengganggu.

Baik dengan ucapan maupun perbuatan...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ

Puasa adalah tameng. Maka janganlah ia berkata kotor dan berbuat bodoh.

وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ, إِنِّي صَائِمٌ (مَرَّتَيْنِ(

Apabila seseorang memerangi atau mencelanya, maka berucaplah:
"aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa..." (dua kali)
(HR al-Bukhari: 1904, Muslim: 2697)

Maka bila didapati seseorang mengganggu dan mengusik emosi, cukup kita katakan:

إِنِّي صَائِمٌ, إِنِّي صَائِمٌ

"aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa..."

Tidak berarti riya' namun agar orang itu mengetahui dan semoga tersadarkan dari kesalahan.

Demikianlah petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat kita diganggu.
Tentu petunjuk Nabi adalah yang terbaik.

Bukan mengelus dada sembari berkata:
"aku rapopo..."

@sahabatilmu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aku Sedang Berpuasa"

Post a Comment