Amalan Keliru di Bulan Sya’ban

#Amalan keliru di bulan Sya'ban
---------
Saudaraku seiman, Bulan Sya’ban adalah bulan yang penuh kebaikan. Mengenai bulan Sya’ban, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Bulan Sya'ban adalah bulan dimana manusia mulai lalai, yaitu diandara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An Nasa'i no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memperingatkan keras agar umatnya tidak beramal tanpa tuntunan. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin sekali umatnya mengikuti ajaran beliau dalam beramal sholeh. Jika beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberikan tuntunan dalam suatu ajaran, maka tidak perlu seorang pun mengada-ada dalam membuat suatu amalan. Islam sungguh mudah, cuma sekedar ikuti apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam contohkan, itu sudah mencukupi.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

"Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak." (HR. Bukhari no. 20 dan Muslim no. 1718)

Lantas apa saja amalan yang boleh di kerjakan di bulan Sya'ban, dan apa saja amalan yang tidak boleh dikerjakan atau yang tidak ada tuntunannya?

Selengkapnya dapat dibaca disini >> m.rumaysho.com/jalan-kebenaran/amalan-keliru-di-bulan-syaban-1851.html

Mudah-mudahan bermanfaat, dan silahkan dishare | Pin: 53755a1e
------
www.tausiyahagama.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Amalan Keliru di Bulan Sya’ban"

Post a Comment