Tidak Berniat Puasa Malam Hari Dan Tidak Makan Sahur, Puasa Sah?

Pendapat terkuat bahwa niat puasa Ramadhan sekali saja ketika awal bulan, berniat puasa untuk sebulan penuh. sehingga jika tidak berniat dan tidak sahur malam hari, puasanya tetap sah.

Mungkin jika tidak makan sahur saja maka jelas puasanya sah karena dia berniat puasa malam harinya dan juga hukum maka sahur adalah sunnah/mustahab, akan tetapi bagaimana jika ia tidak berniat puasa malam harinya dan tidak makan sahur seperti orang yang ketiduran semalam penuh?
Jawabannya puasanya juga sah, Berikut pembahasannya.

Dalil wajibnya berniat pada malam hari berdasarkan hadits berikut,

من لم يجمع الصيام قبل الفجر فلا صيام له

Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.”[1]

Akan tetapi perlu diketahui bahwa ada perbedaan pendapat di antara ulama mengenai niat puasa pada bulan Ramadhan apakah harus berniat setiap malam atau niat puasa sebulan penuh di awal bulan Ramadhan.

Syaikh Al Utsaimin menjelaskan,

“Cukup dalam seluruh bulan Ramadhan kita berniat sekali di awal bulan, karena walaupun seseorang tidak berniat puasa setiap hari pada malam harinya, semua itu sudah masuk dalam niatnya di awal bulan. Tetapi jika puasanya terputus di tengah bulan, baik karena bepergian, sakit dan sebagainya, maka dia harus berniat lagi, karena dia telah memutus bulan Ramadhan itu dengan meninggakan puasa karena perjalanan, sakit dan sebagainya.[3]

selengkapnya baca:

http://muslimafiyah.com/tidak-niat-puasa-malam-hari-dan-tidak-makan-sahur-puasa-sah.html

Penyusun: Raehanul Bahraen
Add Pin BB www.muslimafiyah.com keduabelas 57E181AB

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidak Berniat Puasa Malam Hari Dan Tidak Makan Sahur, Puasa Sah?"

Post a Comment