Mari Puasa Bersama!

Selasa, 29 Sya'ban 1436 H
  
Mari Puasa Bersama!
Kaum muslimin, kini kita berada di penghujung bln Sya’ban. Berarti, bln Ramadhan segera tiba. Bila hilal Ramadhan telah terlihat di negeri kita maka tibalah saaatnya kita untuk berpuasa Ramadhan.

Allah berfirman,

فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Krn itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bln itu (yakni, bln Ramadhan), maka hendaklah ia berpuasa pada bln itu."(QS. al-Baqarah : 185 )

Rasulullah bersabda, “Jika kalian melihatnya (hilal bln Ramadhan) maka berpuasalah. Dan jika kalian melihatnya (hilal bln Syawwal) maka berhari rayalah, akan tetapi jika ia (hilal ramadhan) terhalang dari pandangan kalian maka kira-kirakanlah”, dalam riwayat lain “…maka sempurnakanlah bilangan bulan Sya’ban menjadi 30 hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi, marilah kita puasa bersama, bila hilal bulan Ramadhan terlihat di negeri kita. Rasulullah bersabda,

الصَّوْمُ يَوْمَ تَصُومُونَ وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَالْأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ

Hari puasa adalah hari ketika org2 berpuasa, Idul Fitri adalah hari ketika org2 berbuka, dan Idul Adha adalah hari ketika org2 menyembelih kurbannya.” (HR. Tirmidzi 632).

Dlm lafadz yg lain :

صَوْمُكُمْ يَوْمَ تَصُومُونَ , وَفِطْرُكُمْ يَوْمَ تُفْطِرُونَ

Kalian berpuasa ketika kalian semuanya berpuasa, dan kalian berbuka ketika kalian semua berbuka.” (HR Ad Daruquthni 385)

Hadis ini memberikan faedah bahwa puasa dan berlebaran itu bersama Al Jama’ah dan mayoritas manusia.” (At Taisiir Syarh Al Jami’ Ash Shaghir, 2/106)

Bila terjadi perselisihan di antara kaum muslimin dlm hal ini, maka mereka berpuasa mengikuti keputusan pemerintah. Dlm kaedah disebutkan,

  حكم الحاكم يرفع الخلاف

"Keputusan pemerintah, itu memutus perselisihan"
(lihat, At-Taqrir wa At-Tahrir, 6/183, Ghamzu Uyun Al-Bashir, 5/217]
_______________
(Sumber : BB Dakwah Al-Sofwa PIN 24C805BD)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mari Puasa Bersama!"

Post a Comment